BAB
I
PENDAHULUAN
Nama : Joko Sumanto
Nim : J 310 110 032
Jurusan : GIZI S1 UMS
1.1 Latar
Belakang
Nama Perusaan :
CV. JS Lautan Indah Seafood
Alamat perusahaan :
Jl. Mulya sari No. 15 , Tanggerang Selatan
Nama Pemilik :
Joko Sumanto
Alamat : Jakarta timur
No. hp :
085815350593
1.2 Visi dan Misi
perusahaan
Visi
1. Menjadi perusahaan seafood dan ikan laut yang mengedepankan kepuasan pelanggan.
- Menjadi perusahaan yang besar di negara sendiri.
- Menjadi perusahaan seafood yang sehat, halal dan mencerdaskan anak
bangsa Indonesia.
Misi
1. Selalu berenovasi guna memperbaiki kualitas
mutu seafood, ikan laut dan pelayanan kerja.
- Selalu cermat dalam memilih bahan baku.
- Mengembangkan cabang-cabang perusahaan di setiap privinsi indonesia.
BAB
II
RANGKUMAN
EKSEKUTIF
Dewasa ini, bangsa Indonesia
sebagai Negara pengonsumsi ikan laut terendah padahal bangsa Indonesia memiliki
garis pantai terpanjang di dunia. Dikarnakan banyak ikan-ikan laut Indonesia di
ekspor keluar negeri sedangkan kebutuhan ikan untuk dalam negeri sangatlah
sedikit.
Peluang bisnis ini
memang besar dikarnakan tingkat perkembangan dan pola pikir masyarakat
Indonesia semakin pesat tentang ikan laut. Di ketahui terutama di pulau jawa
tingkat perkembangan perhotelan, rumah makan ( restoran ), asrama-asrama
semakin menjamur untuk daerah-daerah di luar pulau jawa perusahaan kami sedang
mulai merambah ke sana yaitu di pulau Sumatra ( lampung, riau dan Bangka
Belitung), di pulau Kalimantan (Banjarmasin, Balikpapan).
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1 Prospektif Masa Depan Industri
Dewasa ini, kebudayaan mengonsumsi seafood
dan ikan laut belum meluas merambah di berbagai kalangan masyarakat. Tetapi pemerintah dan dinas-dinas terkait genjar
melakukan sosialisasi tentang perlunya makan ikan laut ataupun seafood untuk
kesehatan tubuh dan kecerdasan otak terutama pada anak-anak usia produktif.
Untuk pengonsumsi ikan laut dan seafood masih merambah di kalngan masyarakat
menengah atas, untuk masyarakat menengah bawah menganggap bahwa ikan laut dan
seafood mahal.
Padahal ikan laut dan seafood mengandung
banyak zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita dan sangat baik untuk
anak-anak untuk kecerdasan otaknya. Untuk itu perusahaan kami mengedepankan dan
memproritaskan hanya untuk pasokan dalam negeri saja.
3.2 Segmentasi
Pasar Yang Akan Diraih
Sasaran yang akan diraih oleh perusahaan kami adalah seluruh
masyarakat Indonesia dari kelas bawah hingga atas. Untuk itu perusahaan kami
mempromosikan lewat media cetak ( Koran), media elektrinik ( tv, radio,
internet), dan khusnya untuk hotel-hotel kami datangi sendiri.
Untuk
prospek jangka panjang kami akan mengembangkan cabang-cabang di seluruh pelosok
negri terutama di kota-kota besar Indonesia.
3.3 Analisis Persaingan
Analisis persaingan yang kami gunakan
adalah analisis SWOT, yang terdiri dari factor internal dan factor eksternal.
·
Faktor Internal ,
terdiri dari :
Strength (Kekuatan)
@
Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk yang
mengangkat nilai kesehatan, ekonimis dan kebersihan. Kami juga menyelipkan cara
menyimpan ikan laut dan seafood supaya tahan lama.
@
Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku yang kami dapat langsung kami
dapatkan dari mitra-mitra kami di seluruh cadang, sehingga ikan maupun seafood
yang kami antar ke tempat pelanggan dijamin masih segar.
Weakness (Kelemahan)
@
Daya tahan
Daya tahan
merupakan kelemahan paling tidak bisa di minimalisir karena ikan laut, seafood
memiliki daya tahan yang berbeda-beda. karena itu perusahaan memisahkan antara
ikan-ikan dan seafood yang memiliki daya tahan jelek hingga bagus.
@
Tempat penyimpanan
Untuk tempat penyimpanan sangat
mempengaruhi kualitas ikan laut maupun seafood yang akan di antar ke
tempat-tempat pelanggan yang jaraknya jauh, karena itu tempat penyimpanan harus
steris dan bersih.
·
Faktor Eksternal
Opportunities ( Peluang )
@
Banyaknya konsumen
Banyaknya menyukai ikan laut maupun seafood
akan mempermudah kami dalam pemasaran. Dan dengan berdirinya perusahaan kami
ini akan menambah daya beli masyarakat terhadap ikan laut maupun seafood.
@ Sistem pemasaran
Pemasaran bisa dibilang mudah karena perusahaan kami akan
menghantarkan barang bila ada pesanan dari pelanggan kami.
Threats ( Ancaman )
@
Keacuhan konsumen
Terkadang masyarakat Indonesia memnadang
ikan laun maupn seafood mahal. Dan ikan laut maupun seafood tidak bisa disimpan
dengan hidup-hidup.
BAB IV
DISKRIPSI USAHA
4.1 Jasa
Pelayanan
Jasa pelayanan perusahaan
kami menawarkan siap antar sampai ketujuan dengan cacatan masih dalam satu
wilayah satu provinsi. Berikut ini cabang-cabang perusahaan kami jakarta,
bandung, semarang, jogyakarta, Surabaya dan berikut ini mitra-mitra kami yang
melayani cabang-cabang tersebut jakarta
utara, Indramayu, kendal, semarang, jepara, rembang, sidoarjo.
4.2
Pesonalia dan Pelengkap Karyawan
Setiap kios terdapat 6
karyawan , 4 karyawan bertugas menghantarkan barang dan 2 karyawan bertugas
mengatur dan mencatat keluar masuk
barang
Perlengkapan karyawan:
1.
Mobil box dan sepeda motor
2.
Sarung tangan
3.
Sepatu but
4.
Topi
5.
Lemari es
BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1 Keadaan Gedung dan Perlengkapannya
Keadanya gedungnya sekitar
berusia 20 tahunan, tetapi untuk di cabang –cabang nya masih berusia sekitar 9
tahunan karena perusahaan kami ini baru meluaskan cabangnya pada tahun 2005 an
yaitu di darah jawa seperti jakarta, bandung, semarang, jogyakarta, Surabaya.
5.2
Sumber-Sumber Bahan Baku
Sumber
bahan baku ikan laut dan seafood tidak kami datangkan langsung dari para
nelayan ataupun dari tempat – tempat
pelelangan ikan melalui mitra-mitra kami. Perusahan kami sudah memiliki
mitra-mitra di daerah masing tempat seperti jakarta utara, Indramayu, kendal,
semarang, jepara, rembang, sidoarjo sehingga perusahaan kami tidak mengambil
ikan ke tempat pelelangan ikan tetapi mitra- mitra tersebut yang menyetorkan ikan,
seafood yang kita inginkan.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1 Penetapan
Harga
Harga merupakan suatu variable yang
mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis. Harga menunjukkan level dari
suatu produk juga menjadi acuan tentang bagaimana produk itu seharusnya bila
dilihat dari harganya. Harga yang kami tawarkan di sini, kami sesuaikan dengan sasaran
kami yaitu masyarakat semua kalangan dan tingkat kemudahan maupun kesulitan
dalam pencarian bahan baku jenis ikan laut dan seafood.
Kami hanya akan mengutamakan kualitas
barang. Bukan melulu mengambil keuntungan, karena kami mempunyai tujuan yaitu
memmuaskan konsumen dan turut mencerdaskan anak bangsa.
6.2 Promosi
Promosi merupakan bagian dari proses
pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha.
Kami melakukan promosi produk kami melalui sejumlah media baik elektronik,
cetak, iklan di radio maupun promosi langsung dari mulut ke mulut. Promosi
melalui media elektronik dilakukan dengan membuka semacam on-line shop di
berbagai jaringan sosial yang kini marak di dunia maya.
Dalam media online, kami menggunakan media
online seperti website, blog dan onlineshop. Promosi melalui media cetak kami
lakukan dengan melakukan iklan di Koran. Promosi dari mulut ke mulut kami
lakukan dengan mendatangi langsung hotel-hotel, asrama dan restora-restoran. Pada
semua media promosi tersebut kami tidak lupa menyertakan tentang berbagai jenis
macam-macam ikan laut dan seafood yang kami jual.
BAB VII
RESIKO
7.1 Evaluasi Kelemahan
Bisnis
Setiap perbuatan tentu
melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan berbagai resiko
sebagai berikut :
a.
Produk kurang menarik minat masyarakat
Manusia memiliki selera yang berbeda satu
sama lain. Demikian pula dalam hal mengonsumsi ikan. Banyak masyarakat
khususnya kalangan menengah bawah masih mengganggap ikan laut maupun seafood
harganya mahal.
b. Mudah
rusak oleh kondisi cuaca
Cuaca sangat mempengaruhi kualitas ikan
laut maupun seafood cuaca panas akan mempercepat pembusukan pada ikan laut dan
seafood.
Antisiasi kami terhadap resiko tersebut, yaitu :
c. Produk kurang menarik minat masyarakat
Setiap orang pasti memiliki persepsi
terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami mengantisipasi kurangnya minat
konsumen ini adalah dengan melakukan promosi secara mendalam dan menyeluruh.
Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk mendapatkan keuntunga. Tetapi perusahaan kami
juga bertujuan untuk membantu mencerdaskan anak bangsa dan menjual dengan harga
yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat indonesia. Sehingga mereka
dapat tertarik untuk memperhatikan dan mencoba produk kami.
d.
Mudah rusak oleh cuaca
Kami melakukan antisipasi dengan cara
meyimpan ikan laut maupun dengan seafood dengan lemari khusus untuk ikan laut
yang di lengkapi pengaturan suhu yang otimatis. Sehingga tidak ada ikan maupun
seafood yang mengalami pembusukan dalam pengantaran menuju pelanggan kita.
BAB VIII
PERENCANAAN PERMODALAN
8.1 Kebutuhan perbulan
a. Upah atau gaji
Untuk gaji karyawan per
bulan yaitu Rp 3.000.00/ orng, jadi untuk gaji per
bulannya untuk satu kios Rp 1.800. 000 dan kami memiliki 5 cabang jadi gaji keseluruhan per bulan nya
Rp 9.000.000.
b.
Pajak
Untuk pajak
terdapat 2 pajak yaitu pajak bangunan dan pajak kendaraan.
@ pajak bangunan
1.
Gedung (5 cbang) Rp5.000.000/thun
@ pajak kendaraan:
1.
Sepeda motor 2/
unit Rp 6.o00.00/thun
2.
Mobil box Rp
2.000.000/thun
c.
Sewa Kontrak
untuk kiosnya
kami memiliki sendiri sehingga tidak menyewa atau mengontrak
d. Jumlah pendapatan perbulan
1. Untuk jenis ikan laut Rp 20. 000.000
2. Untuk jenis seafood Rp
40. 000.000
Jadi pendapatan bersih per bulan adalah Rp 51. 000.000 untuk semua
seluruh cabang di jawa.
lumayan2
BalasHapus